LENSAPLUS – Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki kedudukan berarti dalam asal usul penyebaran Agama Islam di Jawa Barat serta Banten. Oleh sebab itu, kota ini populer dengan beraneka ragam destinasi darmawisata religi yang menarik. Kalian dapat mendapatkan banyak kabar menarik terpaut asal usul Islam dikala bertamu ke barisan tempat kunjungan di Cirebon.

Menariknya lagi, destinasi darmawisata religi serta tempat kunjungan yang terdapat di Kota Cirebon tidak cuma berwarna islami. Kalian dapat pula menciptakan destinasi kunjungan serta darmawisata religi pemeluk berkeyakinan lain di kota ini.

Berikut adalah beberapa tempat wisata religi dan ziarah di Cirebon:

  1. Astana Gunung Jati: Astana Gunung Jati adalah kompleks makam yang merupakan tempat peristirahatan Syekh Maulana Akbar, pendiri Kesultanan Cirebon, dan juga makam Sultan Sepuh I Sultan Sepuh II. Tempat ini adalah pusat ziarah dan tempat bersejarah yang penting di Cirebon.
  2. Keraton Kasepuhan: Keraton Kasepuhan adalah istana yang merupakan salah satu pusat kebudayaan Kesultanan Cirebon. Di dalam kompleks istana ini terdapat Masjid Agung Sang Cipta Rasa, sebuah masjid bersejarah yang memiliki arsitektur yang menarik.
  3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa: Masjid ini terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan perpaduan gaya Cirebon dan Tiongkok.
  4. Gedung Keraton Kanoman: Selain Keraton Kasepuhan, Cirebon juga memiliki Keraton Kanoman. Gedung ini sering digunakan untuk upacara adat dan kegiatan budaya.
  5. Keraton Kaprabonan: Ini adalah keraton ketiga di Cirebon yang memiliki makam para sultan Cirebon. Anda dapat mengunjungi kompleks ini untuk memahami lebih dalam sejarah dan budaya Cirebon.
  6. Makam Sunan Gunung Jati: Makam ini adalah tempat peristirahatan Sunan Gunung Jati, salah satu dari Wali Songo, yang merupakan tokoh penting dalam penyebaran Islam di Jawa Barat.
  7. Makam Panjunan: Makam Panjunan adalah tempat ziarah yang juga terkait dengan Wali Songo. Makam ini diyakini sebagai makam Syekh Abdul Muhyi yang juga dikenal dengan nama Syekh Panjunan.
  8. Makam Syekh Lemah Abang: Tempat ini merupakan kompleks makam yang juga merupakan pusat ziarah. Makam Syekh Lemah Abang diyakini sebagai tempat peristirahatan seorang ulama yang memiliki pengaruh dalam penyebaran Islam di daerah Cirebon.
  9. Makam Pangeran Cakrabuana: Pangeran Cakrabuana adalah salah satu tokoh sejarah Cirebon yang dikenal karena perannya dalam menjaga dan mempertahankan Kesultanan Cirebon.
  10. Masjid Agung Sang Cipta Rasa: Masjid ini adalah salah satu masjid bersejarah di Cirebon dengan arsitektur yang unik dan indah. Masjid ini juga memiliki nilai sejarah dan religius yang penting.
  11. Masjid At-Taqwa: Masjid ini adalah salah satu masjid modern yang indah di Cirebon. Meskipun relatif baru, masjid ini memiliki desain yang menarik dan sering menjadi tempat ibadah bagi warga setempat.
  12. Vihara Avalokitesvara: Untuk pengunjung yang beragama Buddha, Vihara Avalokitesvara adalah tempat ziarah penting. Vihara ini memiliki arsitektur yang indah dan menawarkan tempat untuk meditasi dan pengkhususan.
  13. Gereja Santa Maria Karmel: Bagi umat Katolik, Gereja Santa Maria Karmel adalah tempat ibadah dan ziarah yang penting. Gereja ini memiliki arsitektur yang cantik dan menyimpan nilai sejarah.
Baca Juga:  Mengungkap Keindahan Curug Pelangi di Kota Bandung
  1. Kuil Tri Dharma Cirebon: Kuil ini adalah tempat ibadah bagi umat Konghucu. Kuil ini memiliki arsitektur khas Tiongkok dan sering menjadi tempat perayaan hari-hari besar agama Konghucu.
  2. Gereja Katedral Santo Antonius: Gereja Katedral Santo Antonius adalah gereja Katolik yang indah dan penting di Cirebon. Gereja ini sering menjadi tempat ibadah bagi umat Katolik di kota ini.
  3. Kuil Setra Gandamayu: Kuil ini adalah tempat ibadah umat Hindu di Cirebon. Kuil ini memiliki arsitektur Hindu yang khas dan menjadi tempat perayaan berbagai upacara agama.
  4. Masjid Jami At-Taqwa: Masjid ini adalah salah satu masjid penting di Cirebon. Masjid Jami At-Taqwa memiliki arsitektur yang menarik dan sering menjadi pusat kegiatan keagamaan.
  5. Gereja Kharisma Kristen Cirebon: Gereja ini adalah tempat ibadah bagi umat Kristen di Cirebon. Gereja ini juga memiliki nilai sejarah dan spiritual bagi komunitas Kristen setempat.
  6. Pura Agung Jagat Karana: Pura ini adalah tempat ibadah umat Hindu di Cirebon. Pura Agung Jagat Karana memiliki arsitektur Bali yang khas dan sering digunakan untuk berbagai upacara keagamaan.
  7. Vihara Dwiyana Kusuma: Vihara ini adalah tempat ibadah bagi umat Buddha di Cirebon. Vihara Dwiyana Kusuma juga memiliki kegiatan sosial dan keagamaan yang aktif.
  8. Gereja GPIB Immanuel: Gereja ini adalah salah satu gereja Protestan di Cirebon. Gereja GPIB Immanuel sering digunakan untuk ibadah dan kegiatan komunitas gereja.
  9. Kuil Singa Laut: Kuil Singa Laut adalah kuil Tionghoa yang terletak di Cirebon. Kuil ini memiliki arsitektur Tiongkok yang khas dan sering menjadi tempat ibadah dan perayaan Tahun Baru Imlek.
  10. Gereja Pentakosta Jemaat Banjaran: Gereja ini adalah tempat ibadah bagi komunitas Pentakosta di Cirebon. Gereja ini juga aktif dalam kegiatan sosial dan rohani.
  11. Pura Luhur Ujung Negoro: Pura ini adalah tempat ibadah umat Hindu di Cirebon. Pura Luhur Ujung Negoro memiliki pemandangan yang indah dan sering digunakan untuk upacara keagamaan.
  12. Masjid Roudlatul Islamiyah: Masjid ini adalah salah satu masjid di Cirebon. Masjid Roudlatul Islamiyah sering menjadi tempat ibadah dan kegiatan keagamaan umat Muslim setempat.
Baca Juga:  Pemahaman Mendalam tentang Destinasi Memukau

Tempat-tempat ini mencerminkan keragaman agama dan budaya di Cirebon. Dari tempat ibadah agama mayoritas hingga tempat-tempat ibadah agama-agama lainnya, Anda dapat menemukan pengalaman religius yang beragam di kota ini. Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat-tempat ini, pastikan untuk menghormati aturan dan tradisi setempat serta memperlakukan tempat-tempat religius dengan hormat.

Bagikan: