LENSAPLUSTikTok tidak diragukan lagi dalam waktu dekat akan menjadi “Youtube yang baru” dalam peran sebagai platform untuk mengais rejeki. Popularitas TikTok telah meroket dalam beberapa tahun terakhir, dan meskipun ada kendala yang dapat mencegahnya beroperasi di negara lain.

Di banyak sektor, TikTok adalah alat periklanan yang kuat dan tidak lagi hanya menjadi “platform untuk anak-anak dan video joget lucu”. Selain itu, tidak diragukan lagi ini bahwa TikTok adalah lokasi terbaik untuk pemasaran afiliasi dan pemasaran influencer. Mari kita periksa proses menjadi pemasar afiliasi di TikTok dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan Anda dan akun Anda.

Jadi mari kita lihat bagaimana menjadi TikTok Affilliate lebih detail. Untuk lebih lanjut, berikut adalah cara untuk mencari uang dari TIkTok

Cara membuat TIkTok Shop dan Menjadi Member Affiliate

Jika Anda berpikir untuk membuat Toko TikTok Anda sendiri, Anda mungkin seorang Penjual. Penjual dapat menuju ke Pusat Penjual TikTok untuk mendaftar.

Unggah semua dokumen yang diperlukan, tambahkan produk Anda, lalu tautkan rekening bank Anda! Selamat, Anda resmi menjadi pedagang TikTok.

Mulai bisnis Anda dan verifikasi dokumen Anda untuk menyiapkan akun TikTok Shop.

Dari sini, Anda dapat terus menambahkan produk baru ke Toko TikTok Anda di Seller Center. Anda dapat mengelola toko, inventaris, pesanan, promosi, kemitraan kreator, dan layanan pelanggan, semuanya di Seller Center.

Baca Juga:  Masa Depan Teknologi Kecerdasan Buatan ChatGPT

Setelah berhasil terhubung dengan TikTok shop, kini kamu bisa mencoba program TikTok affiliate. Ada dua cara yang bisa dicoba sesuai dengan peran kamu di TikTok, apakah sebagai seorang creator atau sebagai penjual.

1. Sebagai creator

  • Setelah mendaftar TikTok shop, masuk ke akun TikTok kamu
  • Masuk ke pengaturan dan privasi, pastikan muncul menu TikTok shop pada kolom monetisasi
  • Klik menu TikTok shop
  • Tambahkan produk yang mau ditambahkan ke dalam toko anda dengan menekan menu Tambahkan Produk Afiliasi
  • Pilih produk yang akan dijual atau tautkan link dari e-commerce
  • Pada layar akan ditampilkan juga berapa komisi yang akan kamu dapatkan ketika memilih produk tersebut

2. Sebagai seller

  • Masuk ke seller-id.tiktok.com
  • Kemudian masuk ke akun TikTok kamu
  • Setelah login, masuk ke website TikTok shop affiliate
  • Klik menu Program > Program toko
  • Tekan tombol Buat
  • Pilih jenis komisi dan tentukan persentase komisi yang akan diberikan
  • Tekan tombol Kirim
  • Kini kamu telah membuka kesempatan untuk program afiliasi di toko kamu
  • Untuk menghentikan program afiliasi yang berjalan, tekan Hentikan Program
  • Kamu juga bisa mengelola TikTok kamu melalui menu TikTok shop seller center di aplikasi
Baca Juga:  Mengoptimalkan Bisnis Anda dengan Strategi SEO Terbaik

Bagaimana Cara Kerja Pemasaran TikTok Affiliate?

Seperti halnya bisnis pemasaran afiliasi lainnya, Anda harus mengunggah video ke TikTok untuk memonetisasi audiens Anda melalui penggunaan tautan afiliasi di dalam video Anda atau di jejaring sosial pihak ketiga, seperti blog. Setiap afiliasi akan memiliki metode persis yang berbeda, tetapi untuk memonetisasi pengunjung TikTok Anda, Anda harus melalui beberapa rintangan lebih banyak daripada yang Anda lakukan dengan iklan afiliasi biasa.

Tingkatkan Jumlah Penonton Anda

Anda harus terlebih dahulu menerapkan strategi Anda untuk terus mengembangkan pengikut Anda. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan sering memposting. Platform media sosial dikendalikan oleh algoritme, dan TikTok menganggap frekuensi posting sebagai salah satu faktor saat memutuskan berapa banyak pengguna yang melihat materi Anda.

Agar berhasil, Anda juga harus terlibat dengan informasi terkait niche. Anda dapat terhubung dengan materi dan meninggalkan komentar pada video yang relevan dengan ceruk tempat Anda bekerja di TikTok meskipun Anda tidak dapat membagikan kiriman teks atau gambar langsung di situs.

Pilih program untuk afiliasi

Setelah basis penggemar Anda mencapai tingkat yang dapat dikelola, Anda harus mulai mencari penawaran terbaik. Baik itu tata rias, perlengkapan atletik, masakan, atau materi spiritual, mulailah dengan memilih spesialisasi yang Anda sukai. Sangat penting bagi Anda untuk memilih topik yang Anda sukai karena jelas bagi pemirsa ketika Anda tidak peduli sama sekali.

Baca Juga:  Review HP ZTE Nubia Red Magic 8S Pro Introduksi

Selain itu, Anda akan memiliki pilihan untuk bekerja secara langsung dengan pengiklan atau mendaftar ke jaringan saat memilih penawaran Anda. Perbedaan utama adalah bahwa jaringan akan memungkinkan Anda mengakses berbagai penawaran dari banyak pengiklan, memberi Anda sedikit lebih banyak fleksibilitas dan kontrol di hampir setiap aspek.

Memanfaatkan Lead Magnet untuk mengumpulkan rincian kontak.

Anda harus mengumpulkan informasi kontak melalui formulir di halaman arahan untuk membantu Anda membuat arahan karena TikTok tidak akan mengizinkan Anda untuk menyertakan tautan afiliasi dalam video atau iklan TikTok Anda. Bergantung pada jenis penawaran, prospek dipelihara hingga langkah konversi yang diperlukan diselesaikan atau dikirim ke pengiklan untuk validasi.

Anda harus membuat konten berkualitas tinggi, menawarkan kepuasan langsung, dan bereksperimen dengan berbagai faktor berbeda jika ingin mengumpulkan data dari sebanyak mungkin pengguna. Faktor-faktor ini akan meningkatkan motivasi konsumen untuk mengisi formulir Anda.

Bagikan: