LENSAPLUSKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak awal tahun 2023 telah melakukan tahap migrasi TV analog ke siaran digital atau analog switch off (ASO). 

Untuk memfasilitasi peralihan ini, Kominfo sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang masih menggunakan televisi tabung. Salah satunya adalah penyuluhan penggunaan STB (Set Top Box) agar TV tabung bisa digunakan untuk menyaksikan siaran TV digital. Lantas, bagaimana cara untuk dapat membuat TV analog dapat menerima siaran digital?

Cara Memasang STB

Set Top Box (STB) dapat dengan mudah ditemukan, baik secara online maupun offline. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 300 ribuan. Cara pemasangannya pun cukup mudah, Simak caranya sebagai berikut.

  1. Belilah STB terlebih dahulu.
  2. Sambungkan kabel RCA ke STB, lalu sambungkan ke TV sesuai warna. Jika TV tabung memiliki port HDMI, dapat menggunakan kabel HDMI sebagai pengganti kabel RCA.
  3. Sambungkan kabel antena ke STB.
  4. Pada tombol remote, pilih menu dan masuk ke pencarian dengan memilih mode DVB-T2.
  5. Klik pencarian otomatis, kemudian tekan tombol oke.
  6. Tunggu hingga proses pencarian selesai hingga 100 persen.
  7. Setelah itu, TV tabung dapat menerima siaran digital.
Baca Juga:  Membahas Satelit Buatan Manusia Bersinar Terang Langit Malam

Meskipun proses pemasangan cukup mudah, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat merasa enggan untuk mengeluarkan uang sebanyak ratusan ribu rupiah hanya untuk menonton TV. Jangan khawatir, terdapat cara yang sama mudahnya agar kamu dapat menonton saluran TV digital hanya dengan modal sekitar Rp 10 ribu saja. Lantas bagaimana caranya? simak sebagai berikut.

Cara Nonton Siaran TV Digital Dengan Modal Rp 10 Ribu

Dilansir dari kanal Youtube Marta An siaran TV digital dapat diakses tanpa STB dengan menggunakan alat mesin TV digital. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk menonton siaran TV digital pada televisi tabung bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 360 ribu tergantung tempat pembelian alat yang dibutuhkan.

  1. Pertama buka casing TV, lalu bersikan rangka TV tabung dari kotoran yang mungkin menempel.
  2. Pasang mesin TV digital ke TV tabung analog pada bagian sanggul TV atau bagian dalam TV yang menonjol.
  3. Sambungkan seluruh socket yang ada di mesin TV digital dengan satu set kabel yang sudah dibeli dari mesin TV digital tadi.
  4. Pasangkan sesuai dengan ukurannya, kemudian sambungkan flyback ke TV tabung.
  5. Kemudian pasang kabel dan saklar on off, jangan lupa pasang soket crd dan groundnya dari TV tabung.
Baca Juga:  Mengungguli Eksplorasi ThinkPad X1 Fold: Inovasi Terbaru di Dunia Laptop

Mudah bukan, cara membuat TV analog menjadi TV digital tanpa STB? semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan: