LENSAPLUS – IPhone merupakan smartphone terkini yan gsangat digemari di Indonesia. Smartphone keluaran Apple ini tak diragukan lagi memiliki berbagai macam keunggulan, mulai dari spesifikasi kamera hingga kecanggihan OS. Namun, sudah mukan rahasia lagi, kapasitas iPhone yang terbatas adalah masalah yang tak bisa diremehkan yang sering dihadapi oleh pengguna iPhone.

Hal ini lantaran kapasitas penyimpanan iPhone yang tak dapat ditambah dengan kartu microSD. Karena ini sering kali pengguna iPhone merelakan data data yang ada di iPhone mereka untuk memberikan ruangan storage atau sekedar memastika penyimpanan tak penuh. 

Akan tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ada trik khusus untuk menambah kapasitas penyimpanan, tanpa mengorbankan file berharga yang ada di iPhonemu? Tentu saja sebagai Apple fans, kamu harus mengetahui trik ini. Tetapi, bila belum tahu jangan khawatir, artikel ini akan membahas cara jitu untuk menambah kapasitas penyimpanan tanpa menghapus file berharga yang ada di iPhone kamu.

Trik untuk Menghemat Storage iPhone yang Terlanjur Penuh

Mungkin kamu membaca artikel ini saat memori iPhone sudah hampir penuh. Jangan khawatir, masih ada beberapa trik yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini, tanpa perlu menghapus data data penting yang pastinya ingin kamu selamatkan. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca Juga:  Harga Xiomi Redmi 12C di Indonesia dan Spesifikasinya

1. Offloading Aplikasi yang Tidak Digunakan

Secara konsep, Offloading Unused Apps merupakan fitur untuk menghapus, melepas, atau mengeluarkan pemasangan aplikasi yang sudah tidak lagi atau jarang digunakan di iPhone. Nah, bila kamu mengaktifkan fitur ini, maka sistem operasi iPhone akan mendeteksi intensitas pemakaian aplikasi dan akan mengelompokkan beberapa aplikasi yang jarang kamu pakai. Nantinya, aplikasi aplikasi yang terdeteksi jarang digunakan akan dilepas pemasangannya dari iPhone secara otomatis.

Perlu diketahui, fitur ini berbeda dengan Remove App yang pada dasarnya menghapus file sekaligus data yang tersimpan dalam suatu aplikasi.

Cara mengaktifkan fitur Offloading Unused Apps sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

  1. Pertama, akses Settings pada iPhone,
  2. Setelah itu, klik opsi General dan masuk ke bagian iPhone Storage,
  3. Kemudian, pilih beberapa aplikasi yang jarang digunakan,
  4. Periksa aplikasi yang paling banyak menggunakan penyimpanan,
  5. Lalu, klik satu per satu dan pilih tombol Offload App.
Baca Juga:  Cara Pasang ChatGPT dari OpenAI di Aplikasi

Nantinya, iPhone akan menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan, apabila iPhone mu terdeteksi sudah hampir memenuhi penyimpanan yang ada. Jadi jangan takut untuk menggunakan fitur ini ya.

2. Optimalkan Foto dan Video

Tiap orang pasti memiliki kenangan yang diabadikan dalam bentuk foto ataupun video. Mungkin kamu berpikir media tersebutlah yang memakan banyak memori dalam iPhonemu. Ya, mungkin saja foto dan video yang ada di galerimu memakan banyak memori, tapi jangan buru buru menghapus kenanganmu ya!

Kamu bisa menggunakan fitur optimalisasi foto dan video untuk menghemat ruang penyimpanan. Fitur ini akan menawarkan pilihan untuk mengoptimalkan resolusi foto dan video agar ukurannya pas dan tidak terlalu besar ,sehingga dapat memenuhi kapasitas penyimpanan.

Untuk mengaktifkan fitur optimalisasi foto dan video, pastikan kamu memiliki akun iCloud. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur optimalisasi foto dan video dengan mudah :

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun iCloud,
  2. Akses Settings pada iPhone,
  3. Masuk ke bagian Profil dan klik pilihan iCloud,
  4. Pilih tombol Photos dan nyalakan iCloud Photos,
  5. Terakhir, klik tombol Optimize iPhone Storage untuk menghemat penyimpanan.
Baca Juga:  Keunggulan Nyata Lenovo Yoga 9i

Jangan khawatir, dengan mengaktifkan fitur ini, bukan berarti saat kamu ingin mengambil foto atau video, maka resolusinya akan menurun. Segala jenis media yang kamu ambil nantinya akan tetap dalam resolusi penuh. Hanya saja, foto maupun video yang tersimpan pada perangkat akan memiliki resolusi lebih rendah. Akan tetapi, kamu dapat menemukan file dengan ukuran aslinya pada iCloud dan dapat mendownloadnya bila sewaktu waktu dibutuhkan.

Tips Menjaga Storage iPhone Agar Tidak Cepat Penuh

Untuk mencegah masalah serupa dikemudian hari, kamu harus mengetahui cara menjaga memori penyimpanan yang baik.

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga penyimpanan iPhone agar tidak cepat penuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Selalu periksa rekomendasi dari Apple
  • Menonaktifkan photo stream
  • Periksa penggunaan penyimpanan iPhone secara berkala melalui Settings

Semoga artikel ini membantu, selamat mencoba!

Bagikan: