LENSAPLUS – Manfaat renang bagi tubuh sangatlah beragam. Renang ternyata mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Lantas apa saja manfaatnya?

Ragam Manfaat Renang Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat renang untuk badan yang penting untuk Anda ketahui.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu khasiat renang bagi tubuh yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Dengan berenang, maka aliran darah ke seluruh tubuh bisa lancar. Selain itu, sistem pernapasan juga bisa baik.

Dengan demikian, suplai oksigen ke tubuh bisa tercukupi secara optimal. Karena terbukti mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik, Anda tak perlu ragu untuk berenang secara rutin.

Menambah Tinggi Badan

Anda merasa kurang percaya diri karena terlihat pendek? Jika iya, tak perlu khawatir. Hal ini karena ada banyak jenis olahraga yang bisa membantu Anda untuk menambah tinggi badan.

Baca Juga:  Tim U-23 Indonesia Berhasil Melaju ke Final Piala AFF U-23 2023

Adapun salah satu jenis olahraga tersebut yaitu berenang. Saat berenang, Anda harus menggerakkan semua anggota tubuh sehingga otot mengalami peregangan. Karena hal tersebut, badan Anda bisa lebih tinggi daripada sebelumnya.

Supaya manfaat renang bagi tubuh ini semakin cepat memberikan hasilnya, Anda perlu imbangi dengan konsumsi makanan ataupun susu tinggi kalsium. Sebagaimana yang kita tahu bahwa kalsium berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan tulang.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil memang perlu hati-hati dalam melakukan kegiatan, terutama aktivitas berat. Namun bukan berarti ibu hamil tidak boleh olahraga sama sekali. Adapun salah satu jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh ibu hamil karena terbukti aman yaitu berenang.

Baca Juga:  Piala Dunia U-17 2023 Menginspirasi Jawa Timur

Bukan hanya aman, jenis olahraga ini juga menguntungkan ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini karena renang yang dilakukan ibu hamil bisa melindungi bayi dari berbagai masalah kesehatan dan memberi manfaat bagi tubuh.

Bahkan juga jadi proteksi dari hipoksia-iskemia. Masalah neurologis tersebut tentu sangat dikhawatirkan oleh semua ibu hamil. Menguntungkannya lagi karena berenang memungkinkan ibu hamil terhindar dari persalinan prematur maupun cacat bawaan.

Walau aman dan menyehatkan, namun ibu hamil tetap perlu konsultasi kepada dokter kandungan terlebih dahulu sebelum berenang. Hal ini untuk mengantisipasi adanya hal-hal tak diinginkan nantinya.

Mengatasi Radang Sendi

Bagi Anda yang sering mengalami cedera atau nyeri sendi, jangan ragu untuk berenang. Dengan renang yang kaya manfaat bagi tubuh ini, maka radang sendi yang Anda rasakan bisa berangsur menghilang.

Baca Juga:  Kemenangan Gemilang Tim Indonesia U-23 atas Thailand: Melangkah Menuju Final Piala AFF U-23

Mengatasi Stres

Stres bisa muncul karena beban pikiran yang terlalu berat. Saat Anda mengalami stres pun, perlu segera berenang karena bisa meningkatkan hormon endorfin di otak. Pikiran pun jadi terasa lebih rileks, tenang, dan bahagia.

Dari review di atas, terungkap jelas apa saja manfaat renang bagi tubuh. Manfaatnya tak hanya bagi kesehatan fisik saja, melainkan juga psikologis. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal pun, Anda bisa renang dengan rutin mulai dari sekarang.

Bagikan: