LENSAPLUS – Bagi Anda para pecinta fotografi, pastinya sudah memahami bahwa kamera tersedia dalam berbagai jenis. Sebut saja kamera mirrorless dan DSLR. Untuk Anda yang ingin terjun ke dunia fotografi, pastikan mengetahui dulu apa perbedaan kamera mirrorless dan DSLR.

Kenali Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda cermati untuk membedakan mana kamera mirrorless dan mana kamera DSLR. Anda perlu mencermatinya baik-baik.

Baterai

Salah satu hal yang membedakan mirrorless dan DSLR ialah baterainya. Perlu untuk Anda ketahui bahwa baterai yang tertanam pada DSLR lebih besar daripada baterai mirrorless. Hal ini juga memungkinkan baterai DSLR lebih tahan lama dari mirrorless.

Kapasitas baterai yang dimiliki kamera DSLR tentu menjadi keunggulan tersendiri. Karena kapasitasnya besar, maka Anda tak perlu terlalu sering mengisi ulang dayanya. Dengan demikian, pemakaian kamera DSLR terasa lebih praktis dan nyaman.

Baca Juga:  WhatsApp Memperkenalkan Fitur Pembuatan Stiker dari Foto di iPhone

Dimensi

Selain dari baterai, perbedaan kamera mirrorless dan DSLR ternyata juga terlihat dari dimensinya. Dalam hal ini, kamera mirrorless membawa dimensi yang berukuran lebih kecil daripada kamera DSLR.

Karena dimensinya lebih kecil, maka sangat cocok bagi pecinta fotografi yang menginginkan kamera super slim dan praktis. Ketika Anda menggunakannya untuk hunting foto, juga tak akan terlihat terlalu mencolok.

Mirrorbox

Mirrorbox menjadi salah satu perbedaan antara mirrorless dan DSLR. Perihal fungsinya, sebenarnya mirrorbox berperan penting sebagai pemantul cahaya. Mirrorbox ini akan membelokkan cahaya yang berasal dari lensa ke bagian jendela bidik.

Pada kamera mirrorless, Anda tak akan bisa menemukan mirrorbox. Berbeda ketika mencermati kamera DSLR, maka bisa dengan mudah menjumpai komponen tersebut.

Sebenarnya apabila mencermati namanya saja, Anda sudah bisa mengetahui ada atau tidaknya mirrorbox. Mirrorless memang menandakan kamera tanpa cermin.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Pecahan di Word Menggunakan Equation dan Shortcut

Bobot

Mirrorless dan DSLR tentu saja memiliki bobot yang berbeda. Mirrorless biasanya memiliki bobot yang lebih ringan daripada DSLR. Tidaklah heran karena memang dimensi kamera mirrorless lebih kecil.

Karena bobotnya ringan, maka Anda bisa lebih mudah saat membawanya kemanapun itu. Bahkan Anda juga bisa membawa kamera mirrorless dengan cara mengkalungkannya di leher.

Berbeda dengan kamera DSLR yang akan membuat Anda mudah pegal saat membawanya kemana saja. Kamera ini juga tidak memungkinkan untuk Anda kalungkan ke leher.

Ketika Anda menghadiri acara yang berlangsung lama juga tak cocok jika membawa kamera DSLR. Akan terasa simpel dan lebih membantu kebutuhan dokumentasi apabila membawa kamera mirrorless.

Fitur

Penting Anda pahami bahwa DSLR memiliki fitur yang lebih memadai dan lengkap apabila dibandingkan dengan mirrorless. Adapun beberapa fitur yang ada di DSLR namun tak tersemat pada mirrorless yaitu kualitas sensor, kontrol exposure, dan fleksibilitas ukuran lensa.

Baca Juga:  Keunggulan HP Lipat OPPO Find N2

Beberapa fitur tersebut memungkinkan fotografer yang menggunakan kamera DLSR bisa lebih mudah saat ingin menghasilkan gambar berkualitas. Tak berhenti di situ saja, fitur ini juga memungkinkan fotografer bisa memunculkan efek dramatis sehingga hasil jepretan fotonya semakin memuaskan.

Suara Tombol Shutter

Ketika membidik foto, kamera DSLR maupun mirrorless akan mengeluarkan suara tombol shutter. Hanya saja, suara tombol shutter yang ada di DSLR terdengar lebih keras dan mengganggu daripada mirrorless. Menarik untuk Anda ketahui pula bahwa ternyata pada kamera mirrorless juga telah tersedia fitur mode senyap.

Setelah menyimak review di atas, Anda bisa tahu apa saja perbedaan kamera mirrorless dan DSLR. Setelah tahu perbedaannya, tentu Anda bisa lebih mudah memilih jenis kamera sesuai dengan kebutuhan bukan?

Bagikan: