Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo menyaksikan penyerahan pesawat Super Hercules C-130 J unit keempat pesanan Indonesia untuk memperkuat TNI AU di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Penyerahan pesawat dengan nomor ekor atau tail number A-1344 itu dari Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Presiden Joko Widodo meninjau terlebih dahulu ketiga pesawat yang akan diserahkan, selanjutnya membuka tirai Skuadron Udara 31 yang bakal menjadi markas pesawat angkut produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat itu. Presiden juga memecahkan kendi dan melakukan penyiraman air kembang pada ujung kepala pesawat.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Bantu Warga Binaan untuk Kelancaran Pelaksanaan Acara Adat

Selanjutnya Menhan Prabowo Subianto menyerahkan miniatur kunci pesawat kepada Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai tanda matra udara sebagai operator pesawat Super Hercules.

“Pesawat Super Hercules C130J ini adalah pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun lalu dan penting sekali untuk keperluan perang (OMP) maupun non perang (OMSP),” kata Jokowi usai serah terima.

Bagikan: